Berita Universitas



Berdasarkan pada visinya, Prodi Antropologi bukan hanya memberikan kompetensi pengetahuan dan keterampilan (kompetensi) kepada luaran dalam hal teori dan konsep, metode dan praktik penelitian, dan berkarya kepada mahasiswa dan luaran, tetapi juga mengembangkan ilmu pengetahuan melalui kajian ilmiah mendalam (telaah kepustakaan, penelitian lapangan) yang intensif, berkesinambungan, dan produktif. Suatu sarana efektif untuk itu ialah pemungsian laboratorium sosial budaya (Lab. Antropologi). Bagi Prodi Antropologi Fisip Unhas, persoalannya karena laboratorium yang sudah diadakan sejak lama dengan SK Dekan, hingga sekarang masih kurang memenuhi fungsinya dalam mengolah dan memproduksi ilmu pengetahuan/antropologi disebabkan Jurusan Antropologi belum memiliki keterampilan pengelolaan laboratorium secara efektif. 

Prodi S1 Antropologi sebetulnya telah memiliki kekuatan besar terutama dalam hal sumberdaya dosen memadai baik dari segi kuantitas strata akademik (10 bertitel Doktor, yang 6 di antaranya bergelar Guru Besar/Professor) maupun dengan kualitas keilmuan dari bidang-bidang keahlian berbeda-beda. Lagi pula Prodi S1 Antropologi sudah Program Magister dan Program Doktoral. Kemudian, keberagaman etnis dan budaya dalam konteks tradisional dan modern serta proses globalisasi merupakan peluang bagi Prodi Antropologi mengembangkan dirinya secara maksimal melalui pengelolaan pemungsian Lab. Antropologi.

Itulah sebabnya ke dalam Program Pengembangan Kapasitas Prodi (Dana BOPTN 2013), salah satu kegiatan di antara 5 kegiatan pokok terseleksi ialah “Lokakarya Pengembangan Pemungsian Lab.Antropologi”. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan kemampuan keterampilan bagi dosen Prodi Antropologi Fisip Unhas dalam mengelola pemungsian Laboratorium Antropologi terakreditasi. Dengan kemampuan keterampilan pengelolaan tersebut, maka segenap sumberdaya yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal bagi implementasi kegiatan-kegiatan Lab. Antropologi ke depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top